marketing cases 01


Saia merasa tertantang untuk menjawab suatu permasalahan disini🙂 jiwa marketing gw muncul huhahaha

Dear All…

Saya Mr. X

Saya baru membuka usaha yang bergerak dalam bidang pengadaan barang
khususnya penyedia pengadaan kebutuhan STEEL CONSTRUCTION, WROUGHT
IRON, STAINLESS STEEL.Saat ini kami mengalmi kesulitan memasarkan
usaha tsb mengingat pada umumnya perusahaan sudah memiliki kerjasama
kontrak yng cukup lama dengan Perusahaan pengadaan barang

Mohon dibantu cara pemasaran atau tips yang tepat untuk usaha tsb.

Terima kasih,
Mr. X
.
begini kira2 percakapannya :
eric_kurniadi: halo pak
eric_kurniadi:
eric_kurniadi: salam kenal
Mr X: salam kenal juga
eric_kurniadi: saya juga member MC-ers
eric_kurniadi:
Mr X: sama donk
eric_kurniadi: bagaimana usahanya sekarang pak , udah banyak usulan2 mengenai usaha bapak ?
eric_kurniadi:
Mr X: belum
Mr X: tapi tadi ada dari pak tofik
eric_kurniadi: ow ic
Mr X: yang ngasih usulan dan beliau ngajakin ketemuan
eric_kurniadi: ow ic ic
Mr X: kamu bekerja tau usaha
eric_kurniadi: saya bekerja dan usaha juga
eric_kurniadi: saya jga tertarik dibidang marketing
eric_kurniadi:
Mr X: usaha apa
eric_kurniadi: saya dibidang internet marketing , pemasaran produk via internet.. dan network marketing
eric_kurniadi:
Mr X: oh
eric_kurniadi: iya
eric_kurniadi: kalo bapak ?
eric_kurniadi: wirausaha full time ya ?
Mr X: iya
Mr X: aku di pabrikasi untuk pembuatan pagar,STEEL CONSTRUCTION, WROUGHT IRON, STAINLESS STEEL.
Mr X: sudah berapa lama usaha nya
eric_kurniadi: ow iya saya sudah baca di milis
Mr X: iya
eric_kurniadi: saya sudah hampir 2 tahun ini berjalan
eric_kurniadi: iya dulu saya sebagai pemasar harus menentukan dulu produk yang akan dijual
eric_kurniadi: lalu setelah ada produk ,bisa dianalisa dengan kompetitor pak..
eric_kurniadi: pernah dengar analisa SWOT pak
eric_kurniadi: ?
Mr X: pernah tapi belum begitu paham
eric_kurniadi: ow begitu
eric_kurniadi: bisa cari kata kunci di google “analisa SWOT”
eric_kurniadi: intinya kita harus tau posisi kita dimana sebagai pemain pasar
Mr X: iya
eric_kurniadi: kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman
eric_kurniadi: ini sharing aja ya pak , saya tidak bermaksud apa2
eric_kurniadi:
Mr X: iya ga apa2 ko
Mr X: aku juga masih baru di dunia market
eric_kurniadi: iya emang yang bapak bilang ini benar “pada umumnya perusahaan sudah memiliki kerjasama kontrak yng cukup lama dengan Perusahaan pengadaan barang”
Mr X: iya
eric_kurniadi: iya itu produksi bisa berjalan karena ada pasar. dan pasar itu diciptakan lalu maintenance pak..
Mr X: iya
eric_kurniadi: jadi saran saya, kalo emang bapak belum punya pasar.. saran saya ciptakan langkah2 kecil untuk membangun pasar anda
eric_kurniadi:
Mr X: seperti?
eric_kurniadi: contohnya kalo kita buka toko
eric_kurniadi: bagaimana cara nya tetangga maupun saudara kita tahu bahwa kita buka toko ?
Mr X: iya
eric_kurniadi: yah diberikan informasi kepada mereka kan pak
Mr X: aku sudah masukin banyak penawaran keperusahan kontraktor dan developer
eric_kurniadi: trus bagaimana pak ?
eric_kurniadi: belu ada hasil ?
Mr X: namun belum ada tanggapan yang serius dari mereka
Mr X: iya
eric_kurniadi: iya, kan tujuan bapak hanya memberikan informasi
eric_kurniadi: kalo tertarik bagus , kalau tidak yah cari lagi
Mr X: lalu
eric_kurniadi:
Mr X: iya
eric_kurniadi: masalahnya jika pasar produk bapak itu sudah banyak pemainnya.. maka
eric_kurniadi: coba bapak cari celah
eric_kurniadi: peluang kecil
eric_kurniadi: adakah alternatif peluang yg juga bisa diambil oleh bapak ?
Mr X: saat ini belum ada
eric_kurniadi: belum bukan berarti tidak adakan pak ?
Mr X: iya
eric_kurniadi: karena memang untuk usaha sejenis bapak memang marketnya sudah banyak.. dan bapak hanya menambah persaingan di dalam market tersebut.. jika kita tidak bisa mencari celah maka, lama2 bisa menguras tenaga saja pak
eric_kurniadi: karena pasti pemain2 lama sudah mempunyai jaringan lebih luas
eric_kurniadi:
eric_kurniadi: dan sudah membangun kepercayaan lebih lama dari bapak
Mr X: iya
eric_kurniadi: nah itu pak ada yg satu usaha dengan bapak.. dari milis baru dikirim
eric_kurniadi:
eric_kurniadi:
Mr X: iya
Mr X: sudah samai ke mail ku
eric_kurniadi: iya. bisa berdiskusi pak dengan beliau mengenai kondisi pasar saat ini
Mr X: iya
eric_kurniadi: paling enak sekarang bukan jamannya lagi kerja sendiri pak
eric_kurniadi: harus networking
Mr X: iya
Mr X: memang benar sekali
Mr X: harus sistem networking
eric_kurniadi: jadi leveragenya bisa berlipat2
eric_kurniadi:
eric_kurniadi: selain produk harus berkualitas.. dan konsumen itu harus dipandang sebagai aset
Mr X: iya
Mr X: aku juga perna langsung turun tangan memasarkan jasa ku ke perumaha2perumahan
eric_kurniadi: nah bagaimana hasilnya pak ?
eric_kurniadi: setelah ada yg menggunakan jasa bapak sudah pernah di follow up lagi ?
Mr X: masih blum ada hasil
Mr X: belum
eric_kurniadi: nah itu dia pak
eric_kurniadi:
Mr X: kecuali mereka membuat rumah lagi
eric_kurniadi: dalam networking daftar nama itu sangat penting..
eric_kurniadi: iya memang begitu karena produk bapak sekali buat ya tidak akan dibuat ulang lagi
Mr X: iya
eric_kurniadi: untuk jangka waktu tertentu
Mr X: iya
eric_kurniadi: tapi kalo bapak bisa sampai begini pak ” sayasebagai konsumen ketika ingat mau buat pagar/konstruksi, yang saya ingat adalah bapak hendra
Mr X: oke
eric_kurniadi: kalo sudah mpe taraf ini pak.. berarti mantap pak
Mr X: terimah kasih
eric_kurniadi: sama2 pak
eric_kurniadi:
Mr X: kalau dibilang aku sudah memberikan fee agak besar
eric_kurniadi: ow
Mr X: ke bagian Purchasing Division dengan 10%
eric_kurniadi: begitu ya..
Mr X: iya
eric_kurniadi: sebelumnya juga segitu atau bagaimana pak ?
eric_kurniadi: apakah ada pengaruh besar antara besaar pemberian fee
Mr X: aku kurang tau
eric_kurniadi: hmm iya bisa dianalis terlebih dahulu apakah ke “stagnan” ini memang karena situasi yang diluar ato dari manajemen didalam pak
Mr X: iya mas
eric_kurniadi: iya pak paling ini saja pak, saya juga dulu mengalami hal tersebut
eric_kurniadi: sekarang juga baru mau bantu usaha keluarga , bikin kue bika ambon
eric_kurniadi: hehehe
Mr X: oh semoga sukses ya
eric_kurniadi: iya
eric_kurniadi: sama2 mas hendra
Mr X: aku of dulu ya
eric_kurniadi: ok
Mr X: terima kasih atas saran nya
Mr X: semoga kita sama2 sukses
eric_kurniadi: sori kepencet
eric_kurniadi: amin
eric_kurniadi: nice to know u
eric_kurniadi: berarti menambah daftar nama masing2 ya
Mr X: iya
eric_kurniadi: ok2

mudah2an ada yg dipelajari buat saia, dan teman2😀

Leave a Reply

