Artikel menarik mengenai Strategi Branding Online

by Romi Satria Wahono

“Budi adalah seorang mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan Teknik Informatika. Untuk keperluan mengerjakan tugas di kampus, Google.Com, IlmuKomputer.Com dan Wikipedia.Org adalah sarapan hariannya. Tugas akhir yang sedang dikerjakan mengharuskannya membaca berbagai literatur dan jurnal ilmiah baik yang ada di perpustakaan kampus maupun di jurnal online Ebsco.Com yang disediakan oleh kampusnya. Supaya tidak kuper dengan berita-berita terbaru tanah air, default URL di browsernya diarahkan ke Detik.Com. Updating berita dan pengetahuan Islam didapatkan dari situs Eramuslim.Com. Kesibukan harian sebagai mahasiswa agak menyulitkan Budi untuk pergi belanja elektronik langsung ke Mangga Dua. Tapi itu tidak menjadi masalah karena ada Bhinneka.Com dimana Budi cukup ada di depan komputer untuk berbelanja berbagai parts untuk Laptop merk Acer miliknya.”

Hidup Budi dan pasti juga kita semua dikelilingi oleh berbagai brand (merek), baik brand di dunia nyata maupun dunia maya (Internet). Dari kisah diatas, paling tidak ada 6 brand  Internet yang muncul, diantaranya Google.Com, IlmuKomputer.Com, Detik.Com, dsb. Brand atau merek menurut Patricia F. Nicolino dalam buku Brand Management adalah entitas yang mudah dikenali dan menjanjikan nilai-nilai tertentu. Kalau kita analisa dari kata kuncinya: Mudah Dikenali (ada atribut yang memisahkannya dibanding produk lain, misalnya logo, warna, slogan, dsb), Entitas (sesuatu yang memiliki eksistensi yang khas dan berbeda), Janji-Janji (klaim berhubungan dengan kelebihan), Nilai (keuntungan yang didapat oleh pengguna).

Menarik menganalisa teknik branding di Internet. Internet adalah dunia yang secara konsep sama dengan dunia nyata, hanya di beberapa aspek memiliki perbedaan signifikan. Hal inilah yang membuat teknik dan strategi branding agak sedikit berbeda. Target dari Internet branding adalah sederhana, yaitu bagaimana mengarahkan URL browser dari pengguna Internet di Indonesia yang berjumlah 18 juta atau bisa dikembangkan ke arah 1,3 miliar untuk pengguna Internet dunia (data dari internetworldstat.com) ke situs kita.

Saya mencoba membuat rumusan teknik dan strategi branding di Internet yang saya beri nama ePUP alias ePositioning, eUniqueness, ePromotion. Ketiga pilar ini saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain dalam proses branding di Internet.

epup.gif

ePositioning

Konsep ePositioning berakar ke bagaimana kita memposisikan diri (institusi) di dunia Internet. Michael Porter mengatakan bahwa dalam marketing, positioning adalah corenya strategi untuk menghasilkan posisi yang unik dan valuable kepada pelanggan. Hermawan Kartajaya menganggap positioning adalah simpul dan titik awal perumusan strategi untuk proses diferensiasi. Prof Kim menganggap bahwa positioninglah yang menunjukkan kita ada di samudera biru (blue ocean) atau samudera merah (red ocean). Kita bisa saksikan bahwa Detik.Com memposisikan diri sebagai sumber berita Indonesia tercepat. Google.Com sebagai mesin pencari terlengkap dan terakurat di dunia. Positioning IlmuKomputer.Com saya arahkan ke referensi IT terlengkap di Indonesia. Saya tidak membangun dan memposisikan IlmuKomputer.Com sebagai sumber berita IT, karena itu adalah samudera merah ;)Sudah ada yang kuat disana misalnya detikinet.com, dsb. Cosa Aranda memposisikan situs blognya sebagai wadah belajar adsense dan bisnis di internet. Adik kelas saya di SMA TN, Anjar Priandoyo memposisikan blognya sebagai tempat diskusi masalah IT audit. Priyadi dengan kekuatan konten yang unik, mencerahkan serta disajikan dengan bahasa yang mudah ternyata membuat posisi blog populer menjadi miliknya. Dan jangan dilupakan juga bagaimana Planet Terasi berhasil memposisikan diri sebagai agregator blog IT yang paling disegani saat ini ;)

Positioning ini ditancapkan ke benak pengguna dalam bentuk slogan, fokus kerja dan muatan konten. Positioning ditentukan dari hasil research terhadap pengguna. Research dan marketing intelligence yang dilakukan harus diarahkan ke pembentukan positioning yang unik, dipersepsi positif oleh pengguna, merupakan keunggulan kompetitif dan berkelanjutan sesuai perkembangan pasar. Apakah anda sudah menemukan dimana positioning anda? Lebih baik tentukan dulu sebelum menyesal terlanjur masuk ke samudera merah yang berdarah-darah )

eUniqueness

eUniqueness artinya adalah keunikan kita di dunia maya, ini dimulai dari nama domain, desain situs, icon, logo, slogan, dan fitur unik yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. eUniqueness sering saya sebut sebagai ujung tombak dan setombak-tombaknya branding ;)ePositioning dan ePromotion akan sangat mudah dan cepat dilakukan kalau kita punya eUniqueness. Google punya eUniqueness karena search engine yang simple secara desain, punya fitur unik lain seperti google earth, adword, adsense, trends, dsb. IlmuKomputer.Com punya eUniqueness dengan format artikel dalam bentuk PDF, konsultasi online, bundling CDROM, ke-komprehensif-an materi dan yang pasti karena ke-Gratisannya. Orang Jepang bilang, tada mono yasui mono wa nai (tidak ada yang lebih murah daripada barang gratisan) ;)Wikipedia lain lagi, eUniqueness yang ditawarkan adalah kebebasan pengisian dan review materi bersama dan kelengkapan kontennya. Detik.Com membuat persaingan produsen berita di berbagai bidang tidak relevan karena salah satu eUniquenessnya adalah integralitas konten, yaitu menyajikan tidak hanya berita politik, tapi juga bidang keuangan, olahraga, IT, infotainment, dsb.

ePromotion

Berbeda dengan promosi dunia nyata yang hanya sebatas media massa baik cetak, elektronik maupun televisi. Sistem ePromosi biasanya bisa dilakukan dengan promosi lewat situs lain, lewat milis, lewat instant messaging, lewat blogwalking (plus mengisi komentar) dan yang paling signifikan adalah promosi lewat mesin pencari. Promosi lewat situs lain bisa digunakan yang gratisan dengan mendaftarkan ke situs iklan sosial, misal kampungblog.com, iklanbaris.co.id, dsb. Yang membayar bisa melalui media misalnya detik.com, kompas.com, eramuslim.com, dsb. Iklan lewat milis harus hati-hati jangan sampai kita masuk di area spamming activities, karena justru ini bisa kontraproduktif apalagi kalau kita terkena ban dari suatu milis. Lakukan promosi di milis dengan ikutan berdiskusi dan memberikan solusi ke komunitas. Lha promosinya dimana? Berikan saja signature yang tidak vulgar di email kita. Untuk promosi di instant messaging (misal Yahoo Messenger) juga sebaiknya tidak dengan mengirimkan message ke semua kontak di daftar kita, tapi cukup dengan mengubah status Yahoo Messenger kita dan memberi URL ke situs yang kita promosikan. Blogwalking dan mengisi komentar juga termasuk ePromotion. Lebih bagus lagi apabila situs yang dikunjungi terdaftar di MyBlogLog.Com, otomatis kunjungan kita akan ter-record bahkan termasuk foto kita, ini ePromotion gratis )

Iklan ke mesin pencari adalah yang paling efektif. Targetkan saja misalnya ke satu mesin pencari yang besar, menurut berbagai data Google.Com memegang 70% market share mesin pencari. Langkah awal promosi lewat mesin pencari tentunya adalah supaya terindeks oleh mesin pencari, setelah itu kita bisa gunakan fitur iklan misalnya Adword di Google. Dan yang paling penting adalah usaha untuk menampilkan situs kita di halaman pertama mesin pencari pada saat pengguna mencari dengan keyword yang kita bidik. Untuk itu kita bisa gunakan berbagai teknik SEO, misalnya dengan mengatur title tag, memperbanyak keyword di konten, memperbanyak backlink, mempertinggi frekuensi updating konten, dsb. Sebenarnya tidak harus menggunakan teknik SEO untuk menjadi nomor satu di mesin pencari, asalkan kita punya eUniqueness dan ePositioning yang bagus. IlmuKomputer.Com saya bangun tanpa memperhatikan teknik SEO apapun. Keunggulan ePositioning dan eUniqueness di IlmuKomputer.Com ternyata mendatangkan traffic besar, sehingga menduduki peringat pertama untuk beberapa keyword pencarian google.com, misalnya e-Learning Indonesia. Ada ratusan teknik SEO yang bisa kita gunakan, tapi kita harus hati-hati untuk tidak masuk ke wilayah blackhat SEO.

Apakah anda atau institusi anda ingin menjadi brand champion di Internet? Silakan gunakan ePUP, mudah-mudahan bermanfaat ;)

ttd-small.jpg

Artikel Terkait dengan “ePUP: 3 Pilar Strategi Branding di Internet”

  1. Teknik Perangkingan Universitas ala Webometrics
  2. Teknik Pencarian Efektif dengan Google
  3. TI untuk Perpustakaan
  4. Keberhasilan dalam Kesederhanaan
  5. Teknik Menerima Pembayaran Lewat Internet
  6. Paypal.Com Masuk Indonesia
  7. Siapkah Sekolah Menerima Internet?
  8. Mengenal Radio Internet
  9. Memperkuat Branding Media Massa Elektronik
  10. Penelitian Tugas Akhir Itu Mudah (2): Identifikasi Masalah

Category: Internet Marketing & Business | Visited: 154517 times | Print This Post/Page

Pemasaran Online dengan Google & Yahoo!

Oleh: Mas Keke June 26, 2007 Email This Post Email This Post Print this post Print this post Posting komentar

Saat ini jalur internet telah dipilih oleh banyak pebisnis sebagai sarana memasarkan produk-produk mereka. Para pebisnis ini mengganggap bahwa internet sebagai salah satu pasar baru yang sangat potensial. Mereka berbondong-bondong membangun website yang digunakan sebagai etalase toko online mereka.

Tetapi, banyak dari mereka yang meninggalkan toko online-nya karena tidak menemukan adanya pengunjung bahkan pembeli. Hal utama dari menjual produk adalah pemasaran. Di dunia internet, model pemasarannya berbeda dari pemasaran biasa. Mengapa? Karena internet merupakan jaringan yang menyatukan ekonomi, social dan budaya yang disatukan oleh teknologi.

Kita semua mungkin cukup mengenal dengan mesin yang namanya Google & Yahoo! Sebuah kata yang melekat dibenak puluhan juta pengguna internet di seluruh dunia. Bagi banyak orang, Google & Yahoo! Adalah perhentian pertama ketika mereka melakukan pencarian di belantara internet. Google & Yahoo adalah fenomena luar biasa dalam bisnis internet. Ide dan gagasan mereka sangat berdampak luar biasa terhadap perkembangan bisnis di internet. Orang berlomba lomba memanfaatkan mereka (Google & Yahoo!) menjadikan tools efektif dan efisien dalam mendukung laju bisnis online tiap orang yang berbisnis di internet.

Bagaimana perjalanan di bisnis online ini? Banyak cerita kesuksesan dan keterpurukan seputar binsis di internet. Coba kita memfokuskan dari apa yang dimiliki oleh Google & Yahoo! Apa yang bisa kita dapat dari mereka? Apakah perlu mempunyai website dalam berbisnis online? Bagaimana kita mengetahui laju bisnis kita disana? Apakah mesin mesin tersebut dapat menjadi tenaga penjual kita yang handal. Mengapa tidak? dan masih banyak lagi pertanyaan mengenai 2 mesin ini (Google & Yahoo!)

Perlu kita ketahui bahwa banyak yang GAGAL dan BERHASIL di bisnis online ini. Apa yang menyebabkan gagal dan berhasilnya seseorang dalam berbisnis di internet ini. Banyak faktor! Tetapi yang harus di ingat adalah bahwa banyak orang melupakan unsur terpenting dalam memanfaatkan mesin mesin tersebut (Google & Yahoo!) dalam berbisnis online yaitu MARKETING!

Marketing di Internet harus diketahui dan difahami secara baik oleh pebisnis online. Dari beberapa tools yang telah ada di internet, kita harus memahami dan mengenal dengan baik mereka, seperti Google & Yahoo! Mereka mempunyai tools dan fasilitas terbaik saat ini dalam mendukung bisnis online Anda.

Yang menjadi tugas kita sekarang sebagai pebisnis online maupun online marketer adalah: “Bagaimana Memanfaatkan Google & Yahoo! Menjadi Sales Tools yang Handal?”.

Ada ungkapan di dunia internet “isi adalah segala-galanya”, ini yang mendasari pembuatan website. Tetapi apakah isi tersebut benar-benar yang menentukan?

Ambil contoh, saya bisa menjadi seorang web desain terbaik di dunia, atau saya punya website tutorial paling menarik di dunia, tapi apa yang terjadi kalau tidak ada seorangpun di dunia yang mengetahui keberadaan kita? Karena itulah mengapa sangat penting memikirkan bagaimana menjual diri kita dan produk kita. Jadi isi bukan lagi segala-galanya, tetapi ada yang lain yaitu pemasaran atau marketing.

Pernah ada perdebatan mengenai mana terpenting, apakah internet marketing atau isi dalam website? Akan tetapi telah banyak yang membuktikan bahwa sangat mungkin untuk memiliki website yang sukses dengan banyak pengunjung dan pembeli hanya dengan sedikit isi website dan banyak marketing. Dengan memberikan isi/produk/layanan yang terbaik (dan menyeimbangkannya dengan pemasaran) dapat memperpanjang umur usaha kita.

Google & Yahoo! Menyediakan tools tools itu semua, untuk menyeimbangkan apa yang harus dilakukan dalam berbisnis di internet. Mulai dari bagaimana membuat online storenya dan memasarkannya. Belum ada budget membuat website maupun sudah mempunyai website, Anda bisa berjualan di internet.

Manfaatkan Google & Yahoo! Secara maksimal!

Ide-ide Online Marketing.
Search Engine: Google, Yahoo!, Msn dan search engine yang lain merupakan jalur untuk memasuki dunia online marketing. Mereka menyediakan layanan pencarian secara gratis. Jangkauan pelayanan mereka ada di seluruh dunia, dengan kata lain setiap orang di dunia akan menggunakan jasa mereka untuk mencari sesuatu yang di butuhkannya apakah itu produk/jasa atau hanya sekedar informasi.
Jika ingin diri kita, produk/jasa kita diketahui orang, mau tidak mau jalur ini harus digunakan. Semakin baik posisi kita di halaman pencarian mereka, semakin mudah untuk kita menjadi dikenal orang.
Link Exchange/Bertukar link: Link Exchange/bertukar link metode internet marketing ini menguntungkan pihak-pihak yang terlibat dalam pertukaran, dan mereka dapat saling menolong satu dengan yang lain. Memperbaiki mutu isi website dan pengunjung menjadi daya tarik utama dalam mencari affiliate. Dalam artian semakin populer website kita semakin banyak website yang tingkat popularitasnya tinggi yang mau melakukan pertukaran.
Beriklan: Jika isi utama website adalah menjual produk atau jasa, beriklan harus dipertimbangkan. Banyak website-website populer menyediakan ruang untuk beriklan, dengan biaya yang telah mereka tentukan. Pastikan website tersebut memiliki tingkat kunjungan tinggi dan atur budget Anda.
Directory: Pertimbangkan untuk bergabung dengan direktori. Direktori memberikan layanan masuk kedalam database mereka, usahakan untuk masuk ke direktori yang memiliki banyak pilihan materi dan juga yang mengcover area yang spesifik.
Forum: Forum dapat dijadikan pilihan dalam memasarkan website, atau bahkan produk yang belum memiliki website atau website sedang dalam pembangunan. Forum biasanya memiliki tema tertentu, dimana mereka yang tergabung dalam forum akan membahas hal-hal yang berhubungan dengan tema.
Di forum kita dapat membangun “kepercayaan”, ini adalah faktor terpenting dari berbisnis online. Sangat disarankan untuk selalu aktif didalam forum, selalu lakukan posting jika tujuan kita adalah memasarkan produk (tentu saja dengan mengikuti aturan forum, jangan sembarangan).
Advetorial ini hanya sebagai sedikit gambaran mengenai internet marketing dan berbisnis online bersama Google & Yahoo!, masih banyak teknik untuk melakukannya tergantung jenis website dan produk yang dimiliki. Sangat baik untuk mempelajari dan memahami terlebih dahulu sebelum menjalankan sebuah bisnis online.

Apakah Anda ada ide memanfaatkan mesin mesin pemasar online tersebut?

Strategi Jitu Membangun Website yang Sukses

January 6th, 2008 by Fadli Idris

Memiliki sebuah situs yang terkenal dan ramai dikunjungi orang adalah impian semua orang. Banyak kisah sukses dari situs-situs terkenal mengenai bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesan seperti saat ini. Katakan saja misalnya seperti Google. Mereka benar-benar memulai segalanya dari nol dan hanya dengan perjuangan yang gigih saja akhirnya saat ini mereka bisa menjadi situs pencari nomer satu di dunia. Contoh lain di dunia komputer misalnya seperti situs DevArticles.com, Builder.com dari CNET atau TechRepublic misalnya. Semua itu merupakan contoh situs-situs berbasis content yang sukses meraup pengunjung yang haus ilmu pengetahuan dan secara otomatis juga berhasil meraup keuntungan dari jasa pemasangan iklan online di situs-situs tersebut. Maukah situs Anda seperti situs-situs tersebut?Kali ini penulis ingin mengajak Anda untuk secara lebih dalam melihat proses kreatif dari pembuatan situs web, khususnya bagi situs-situs yang berbasis content. Apa sih maksudnya situs yang berbasis content itu? Maksudnya adalah situs Anda merupakan situs yang isinya menitik beratkan pada content yang selalu ter-update secara berkala atau teratur. Digarap secara serius dan punya komitmen untuk mengembangkan segala macam isi maupun fitur-fiturnya. Contoh situs-situs berbasis content itu seperti Google, detikcom, Yahoo!, Builder.com, DevArticles.com, Kompas, MSDN, Friendster, Orkut dan lain sebagainya. OK, sekarang kita mulai proses kreatif kita ini.

Memikirkan konsep
Konsep dari situs Anda haruslah sudah ditentukan jauh-jauh hari. Apa maksudnya? Konsep disini merupakan bagian yang sangat penting dari situs Anda karena merupakan warna, bentuk dan juga nyawa situs Anda. Penjabaranya bisa dimulai dari misi situs Anda. Apa misinya? Apa tujuannya? Sebagai contoh misalnya misi Anda akan membuat situs yang berisi berbagai macam resep masakan daerah di Indonesia. Misi harus jelas dan tajam. Kemudian Anda juga harus menentukan target pengunjung situs Anda. Apakah anak muda, ibu-ibu, kalangan bisnis atau bahkan kalangan pendidikan. Target pengunjung disini penting untuk memudahkan Anda membuat content yang sesuai dengan situs Anda. Target pengunjung disini juga penting manakala Anda akan membuat penawaran pemasangan iklan pada situs Anda.

Pada tahap ini Anda juga harus memikirkan bentuk interface dari situs Anda. Disini maksudnya adalah layout dari situs seharusnya sudah bisa ditentukan seperti apa maunya. Untuk kepentingan ini Anda bisa melakukan berbagai macam riset dan perbandingan di internet. Kunjungi situs-situs yang kira-kira sejenis dengan Anda dan pelajari layout dan semua elemen-elemennya. Pastikan ide situs Anda bisa klop dengan layout situs dan perhatikan juga faktor skalabilitasnya, dimana Anda tidak perlu merombak total layout dari situs Anda apabila ada ide baru yang ingin dimasukkan. Anda juga bisa menggunakan jasa pembuat layout web seperti pihak-pihak yang membuat template web untuk menuangkan ide-ide situs Anda.

Bersamaan dengan itu pikirkan juga semua fitur-fitur yang ingin Anda masukkan ke dalam situs Anda. Fitur disini misalnya seperti fitur pencarian, polling, web forum, pengisian komentar oleh pengunjung dan lain sebagainya. Banyak kasus dimana saat ini situs-situs terkesan membosankan karena adanya fitur-fitur yang sangat dipaksakan. Sebagai contoh, banyak situs-situs saat ini yang masih menggunakan konsep-konsep lama, seperti menggunakan polling, web forum, guest book, free e-mail dan lain sebagainya. Para pembuat situs terkadang ingin memasukkan semua fitur-fitur tersebut ke dalam situsnya tanpa memperhatikan perilaku dan sifat dari pengunjungnya. Saran penulis adalah gunakan fitur-fitur yang memang dibutuhkan oleh pengunjung dan optimalkan fitur tersebut agar bisa berguna bagi situs maupun bagi pengunjung situs. Sebagai contoh, penulis sangat prihatin karena banyak sekali situs di Indonesia yang tidak memiliki fasilitas pencarian yang memadai. Contohnya situs berita yang padat content tetapi beritanya tidak bisa dicari dengan optimal. Ini tentunya sangat memprihatinkan dimana fasilitas pencarian merupakan fitur kunci dari situs-situs yang berbasis content.

Fitur menarik lainnya yang merupakan salah satu andalan situs berbasis content saat ini adalah RSS (Really Simple Syndication) yang memungkinkan untuk berbagi content sesama situs lainnya. Fitur-fitur semacam inilah yang harusnya digali dan bisa menjadi nilai tambah bagi situs tersebut. Yang terjadi saat ini justru sebaliknya, situs menawarkan fitur web forum yang tidak terurus sehingga akhirnya sepi pengunjung. Ada lagi situs yang menawarkan jasa mailing list, tetapi juga tidak terurus. Contoh-contoh yang sudah disebutkan itu menyebabkan situs Anda tidak kompetitif dengan situs lain yang sejenis. Bukankah jika situs Anda mau sukses maka harus ada perbedaannya?

Jika semua hal-hal di atas sudah Anda siapkan semua, maka saatnya kita akan masuk pada fase berikutnya yaitu fase implementasi atau pembuatan situs Anda.

Saatnya implementasi
Jika pada bagian sebelumnya kita lebih banyak berbicara situs dari sisi strategis dan perencanaannya. Di sini kita akan banyak berbicara masalah teknis dalam kaitannya dengan implementasi dari situs Anda. Kita akan mulai dengan pemilihan nama domain dan hosting yang tepat bagi situs Anda.

Domain bisa Anda beli dengan mudah saat ini. Yang sulit adalah menentukan nama domain yang pas bagi situs Anda. Sebenarnya tidak ada panduan baku dalam memilih nama domain internet. Tapi ingat, domain adalah brand situs Anda, jadi hati-hatilah dalam memilihnya. Gunakan top level domain seperti .com, .net atau .org sebisa mungkin. Ada juga top level domain yang lain seperti .biz, .info dan lain sebagainya, namun hal tersebut belum begitu populer dan masih banyak sifatnya sebagai secondary domain bagi suatu situs.

Masalah memilih hosting juga penting disini. Pilihlah yang mendukung semua fitur-fitur yang sudah Anda rencanakan di atas. Saat ini ada pilihan hosting mulai yang berbasis Linux, Unix, BSD, Windows dan sistem operasi lainnya. Masing-masing sistem operasi tersebut menawarkan berbagai macam aplikasi server di atasnya misalnya web server Apache, MS IIS dan juga sistem database yang beragam misalnya MySQL, PostgreSQL, SQL Server dan yang lainnya. Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga dengan kemampuan dana Anda. Jangan lupa juga tanyakan mengenai service level yang ditawarkan. Jangan sampai Anda kecewa karena performance hosting situs Anda kurang baik.

Sejalan dengan hal-hal di atas maka proses web programming dari situs Anda sudah bisa dilakukan. Ada banyak pilihan untuk web programming seperti dengan ASP, PHP, JSP, Java, Perl, Phython dan yang lainnya. Kerjakan semua fitur dengan baik dan ujilah dengan seksama. Banyak kasus memprihatinkan bahwa situs sudah dilaunching dan ada fitur-fitur yang apabila dipanggil mengeluarkan pesan “under construction” atau semacamnya. Ini tentunya sangat tidak baik dan akan membuat pengunjung situs Anda tidak akan mau kembali lagi di masa yang akan datang. Jika semua fitur-fitur situs sudah direncanakan dengan baik dan layout sudah selesai maka proses web programming tidak akan makan waktu yang lama. Waktu akan bisa digunakan lebih banyak nantinya untuk melakukan uji coba dan juga penyesuaian di sana sini. Proses web programming pada situs berbasis content biasanya dibagi menjadi dua bagian besar yaitu programming aplikasi di sisi front-end (yaitu bagian yang tampak oleh pengunjung) dan juga di sisi back-end (yaitu disebut dengan bagian CMS, dimana hanya bisa digunakan oleh web maintainer, content editor dan juga web master untuk melakukan update terhadap content situsnya). CMS merupakan singkatan dari Content Management System. Melalui CMS, semua isi dari situs bisa dikendalikan dan dipelihara.

Jika semua aplikasi terhadap fitur-fitur situs Anda sudah jadi dan semuanya sudah diuji coba dengan seksama, maka bisa dikatakan situs Anda siap untuk diluncurkan ke publik. Sekarang saatnya memelihara dan mengembangkan situs Anda.

Memelihara dan mengembangkan situs
Memelihara dan mengembangkan situs sebenarnya merupakan aktivitas yang gampang-gampang susah. Anda harus punya komitmen untuk selalu mengisi content pada situs Anda dan juga meningkatkan jumlah pengunjung ke situs Anda. Jangan abaikan setiap feedback yang masuk ke situs Anda. Sering kali penulis jumpai beberapa situs di Indonesia yang memberikan respon yang sangat lama apabila kita mengirimkan feedback baik melalui form yang disediakan pada situs atau melalui alamat e-mail yang disediakan. Jika ada pengunjung situs yang melontarkan keluhan maka perhatikan hal tersebut. Segera perbaiki kekurangan-kekurangan pada situs Anda jika hal tersebut dilaporkan oleh pengunjung situs Anda.

Agar situs Anda lebih dikenal oleh orang lain maka gunakan berbagai macam cara online marketing yang ada. Anda bisa manfaatkan jasa mailing list yang relevan dengan situs Anda untuk mempromosikan situs Anda secara elegan dan tidak terkesan seperti melakukan spam. Daftarkan situs Anda ke search engine. Ini sangat mudah dilakukan dan gratis. Anda bisa masukan situs Anda di Google dan Yahoo!. Mereka menerima pendaftaran situs secara gratis dan umumnya sekali situs Anda masuk di Google atau Yahoo! maka otomatis pula akan muncul di search engine yang lain.

Mempromosikan situs Anda melalui media chatting juga terkadang sangat efektif. Anda bisa manfaatkan media chatting seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, Skype, ICQ, IRC dan lain sebagainya. Bekerjasama bertukar banner dengan situs lain juga merupakan ide bagus untuk promosi. Saat ini banyak orang yang memiliki blog dan Anda bisa melakukan tukar banner antara situs Anda dengan blog-blog yang memiliki topik-topik yang sejenis dengan situs Anda.

Anda sebagai pemilik situs harus selalu memantau perkembangan situs melalui statistik yang disediakan oleh jasa hosting yang Anda gunakan. Ini penting untuk menentukan arah dan content situs Anda selanjutnya. Anda bisa mempelajari perilaku pengunjung situs Anda dari statistik ini dan juga bisa memantau apa yang mereka cari dan apa yang mereka inginkan dari situs Anda.

Jika semua hal tersebut di atas sudah Anda lakukan maka setidaknya situs Anda sudah mulai dikenal dan apabila Anda konsisten melakukan update terhadap situs Anda maka bukan tidak mungkin situs Anda akan semakin ramai dan berkembang pesat. Pada kondisi seperti saat itu maka segala peluang bisnis akan bermunculan dengan sendirinya. Banyak kisah situs-situs yang berkembang pesat akhirnya dibeli oleh perusahaan lain yang lebih besar dengan harga yang tinggi. Para kandidat pemasang iklan mungkin berebut ingin memasang iklan di situs Anda dan juga berbagai jenis bentuk kerjasama bisnis lainnya bisa muncul kemudian. Menarik bukan?

Demikianlah sekelumit pemikiran mengenai strategi membangun website atau situs di internet yang sukses. Ingatlah bahwa kuncinya hanya ada pada konsistensi dalam memelihara situs dan juga komitmen untuk mengembangkan situs Anda. Bagian tersulit dalam proses web development adalah memenangkan persaingan dengan situs-situs sejenis lainnya di internet. Jika ada komentar atau saran bisa dilayangkan ke
sony-ak@sony-ak.com
. Untuk membaca tulisan menarik lainnya silakan menuju ke situs Sony AK Knowledge Center dengan alamat di www.sony-ak.com.

Terimakasih.

2 thoughts on “Artikel menarik mengenai Strategi Branding Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s