Studi Kasus : Inovasi strategi pemasaran oleh Perusahaan X yang berbasis Network Marketing

inovasi dapat diartikan sebagai “proses” dan/atau “hasil” pengembangan dan/atau pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasukketeramilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial)

Dan Inovasi tidak hanya berasal dari produk  atau cara baru , bisa juga perkawinan antara produk atau metode pemasaran , seperti taxi + televisi , handphone + radio .. dan banyak lagi inovasi yang bisa dilakukan , bisa mencoba metode lateral marketing untuk menghasilkan ide2 inovasi

Saya sungguh terkesan dengan strategi yang dilakukan oleh perusahaan ini , inovasi yg dilakukan adalah menambah segmen pasar baru, yaitu di luar orang-orang yang mengetahui Network Marketing. bagimana caranya ? dengan mencari produk-produk yang secara umum dikenali oleh pasar pada umumnya. Dan mempunyai perputaran / penyerapan konsumsi yang cepat, dan hal itu adalah bidang Telekomunikasi dan IT.

Perusahaan tersebut memasarkan pulsa dan Handphone dengan sistem Network Marketing, jadi setiap isi pulsa kita mendapatkan poin yang bisa diakumulasi sebgai bonus, mungkin ini sudah umum tetapi inovasi yang dilakukan adalah menciptakan “counter hp” dari handphone anda disertai fasilitas report transaksi pulsa. apakah ini akan berhasil ? kemungkinan besar IYA🙂 ,karena semua orang pasti butuh pulsa dan jika harga nya bersaing dengan pasaran pasti bisa dan menurut survei 90% pemakai hp di Indonesia menggunakan pra-bayar, dan ditargetkan untuk pemakaian sendiri/pribadi

Dan juga Pemasaran produk HP melalui Network Marketing ? apakah menurut Anda rekan2 MC-ers bisa berhasil ? adakah analisis SWOT yang pernah dilakukan untuk hal seperti ini ? Ada yang ingin berpendapat ?

Hp yang akan dipasarkan mempunyai fitur lengkap ( querty keyboard, fb, browser, push email , kkm;sejenis bbm internal seperti di bb )

Jika tertarik silahkan lihat artikel berikut ini :

https://erickurniadi.wordpress.com/2009/11/30/inovasi-pt x dalam-memperluas-pasar/

2 thoughts on “Studi Kasus : Inovasi strategi pemasaran oleh Perusahaan X yang berbasis Network Marketing

  1. hi…saya icha,,,
    artikel yang anda tulis sangat menarik dan saya tertarik untuk menelitinya lebih jauh, kira2 dimana saya mendapat informasinya lebih lengkap.
    trimma kasih,,,,

  2. hmm

    icha :

    hi…saya icha,,,
    artikel yang anda tulis sangat menarik dan saya tertarik untuk menelitinya lebih jauh, kira2 dimana saya mendapat informasinya lebih lengkap.
    trimma kasih,,,,

    icha kamu bisa hubungi saya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s